Bait 1-7. Muqaddimah Pengarang
Bait 1-7. Muqaddimah Pengarang
بسم الله الرحمن الرحيم
المقدمةMUQADDIMAH
قَـالَ مُحَمَّد هُوَ ابنُ مَـالِكِ ¤ أَحْمَدُ رَبِّي اللَّهَ خَيْرَ مَالِكِ
Muhammad Ibnu Malik berkata: Aku memuji kepada Allah Tuhanku sebaik-baiknya Dzat Yang Maha Memiliki.مُصَلِّيَاً عَلَى النَّبِيِّ الْمُصْطَفَى ¤ وَآلِـــهِ الْمُسْــتَكْمِلِينَ الْشَّــرَفَا
Dengan bersholawat atas Nabi terpilih dan atas keluarganya yang mencapai derajat kemulyaan.وَأَسْــتَعِيْنُ اللهَ فِي أَلْفِيَّـــهْ ¤ مَقَاصِدُ الْنَّحْوِ بِهَا مَحْوِيَّهْ
Juga aku memohon kepada Allah untuk kitab Alfiyah, yang dengannya dapat mencakup seluruh materi Ilmu Nahwu.تُقَرِّبُ الأَقْصَى بِلَفْظٍ مُوْجَزِ ¤ وَتَبْسُـطُ الْبَذْلَ بِوَعْدٍ مُنْجَزِ
Mendekatkan pengertian yang jauh dengan lafadz yang ringkas serta dapat menjabar perihal detail dengan janji yang cepat.وَتَقْتَضِي رِضَاً بِغَيْرِ سُخْطِ ¤ فَـائِقَةً أَلْفِــــيَّةَ ابْنِ مُعْطِي
Kitab ini mudah menuntut kerelaan tanpa kemarahan, melebihi kitab Alfiyahnya Ibnu Mu’thi.وَهْوَ بِسَبْقٍ حَائِزٌ تَفْضِيْلاً ¤ مُسْـتَوْجِبٌ ثَنَائِيَ الْجَمِيْلاَ
Beliau lebih memperoleh keutamaan karena lebih awal. Beliau behak atas sanjunganku yang indah.وَاللهُ يَقْضِي بِهِبَـاتٍ وَافِرَهْ ¤ لِي وَلَهُ فِي دَرَجَاتِ الآخِرَهْ
Semoga Allah menetapkan karunianya yang luas untukku dan untuk beliau pada derajat-derajat tinggi akhirat.
Kitab Nahwu Sharaf Alfiyah Ibnu Malik,
adalah sebuah Kitab Mandzumah atau Kitab Bait Nadzam yang berjumlah
seribu Bait, berirama Bahar Rojaz, membahas tentang kaidah-kaidah Ilmu
Nahwu dan Ilmu Sharaf
Pengarang Kitab Alfiyah ini, adalah seorang pakar Bahasa Arab, Imam yang Alim yang sangat luas ilmunya. Beliau mempunyai nama lengkap Abdullah Jamaluddin Muhammad Ibnu Abdillah Ibnu Malik at-Tha’iy al-Jayyaniy.
Beliau dilahirkan di kota Jayyan Andalus (Sekarang: Spanyol) pada Tahun
600 H. Kemudian berpindah ke Damaskus dan meninggal di sana pada Tahun
672 H.
Karya
emas beliau yang lain, yg cukup terkenal bernama Kitab Al-Kafiyah
As-Syafiyah, terdiri dari tiga ribu Bait Nadzam yang juga bersyair Bahar
Rojaz. Juga Kitab lainnya, karangan beliau yang terkenal bernama:
Nadzam Lamiyah al-Af’al yang membahas Ilmu Sharaf, Tuhfatul Maudud yang
membahas masalah Maqshur dan Mamdud. Semuanya membahas tentang Tata
Bahasa Arab baik Nahwu atau Sharaf.
Adapun
Kitab Alfiyah ini adalah Kitab yang Ringkas berbentuk Nadzam, namun
mencakup semua pembahasan masalah Ilmu Nahwu dengan detil. Sebagaimana
beliau katakan pada Bait Muqaddimah pada Kitab Alfiyah ini:
“Juga aku memohon kepada Allah untuk kitab Alfiyah, yang dengannya dapat mencakup seluruh materi Ilmu Nahwu”.
Metode
Kitab Alfiyah ini sebenarnya cukup memberikan kemudahan bagi pelajar
untuk menguasainya. Tidak hanya untuk para senior. Karena Alfiyah ini
cukup mengandung pengertian yang sangat luas, tapi dengan lafad yang
ringkas. Sebagaimana beliau memberi penilaian terhadap Kitab Alfiyah
ini, dalam Muqaddimahnya yang berbunyi:
“Mendekatkan pengertian yang jauh dengan lafadz yang ringkas serta dapat menjabar perihal detail dengan janji yang cepat”
Kitab
Alfiyah ini, disebut juga Kitab Khalashah yang berarti Ringkasan.
Diringkas dari Kitab karangan beliau yang benama Al-Kafiyah As-Syafiyah,
merupakan Kitab yang membahas panjang lebar tentang Ilmu Nahwu.
Sebagaimana beliau berkata pada Bait terahir dari Kitab ini, yaitu pada
Bait ke 1000:
“Telah terbilang cukup kitab Khalashah ini sebagai ringkasan dari Al-Kafiyah, sebagai kitab yang kaya tanpa kekurangan”.
Beliau
juga memberi motivasi, bahwa Kitab ini dapat memenuhi apa yang dicari
oleh para pelajar untuk memahami Ilmu Nahwu. Beliau berkata pada Bait ke
999
“Aku rasa sudah cukup dalam merangkai kitab Nadzom ini, sebagai Kitab yang luas pengertiannya dan mencakup semuanya”.
Begitulah memang, Kitab Alfiyah Ibnu Malik ini cukup sukses, mendapat kedudukan tinggi dan penilaian terhormat di hati para pencari ilmu gramatika Bahasa Arab. Dimanapun para pencinta Ilmu Nahwu pasti mengenalnya. Tersebar luas dan diajarkan di berbagai Lembaga-Lembaga Pendidikan.
Tidaklah sedikit Kitab-Kitab Syarah yang menyarahi dari Nadzam Alfiyah Ibnu Malik ini, dan tidak sedikit pula Kitab Hawasyi yang menyarahi dari Syarahnya Kitab ini. Semoga beliau mendapat kedudukan yang tinggi disisi-Nya. Amin
Comments
Post a Comment